Peta dan Komponen-Komponenya

Dalam power point interaktif ini memuat tentang pengertian peta beserta komponen-komponennya.
Adapun tujuan Pembelajaran dari power point interaktif ini, yaitu :
  1. Dengan menggunakan kegiatan pembelajaran interaktif, siswa dapat menjelaskan pengertian peta dengan benar.
  2. Dengan menggunakan kegiatan pembelajaran interaktif, siswa dapat menjelaskan sejarah pembuatan peta dengan benar.
  3. Dengan menggunakan kegiatan pembelajaran interaktif, siswa dapat menyebutkan komponen-komponen peta dengan percaya diri.

Materi Pembelajaran
1. Pengertian Peta
Peta adalah gambar sebagian atau keseluruhan permukaan bumi dengan perbandingan tertentu. Perbandingan inilah yang disebut dengan skala. Skala mempunyai arti perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi. Peta dibuat dengan skala tertentu supaya dapat menggambarkan keadaan di permukaan bumi dengan ukuran yang tepat.

Bagaimana peta dibuat? Pada jaman dahulu Para ilmuwan mengembara ke berbagai tempat semua bagian bumi. Mereka mencoba menggambar rute perjalanan mereka menjadi peta sederhana. Ketika peralatan semakin canggih, para ilmuwan bisa memotret bumi dari atas dengan mudah. Selain dengan pesawat, satelit juga bisa digunakan untuk memotret. Dari potret itu dibuatlah peta. Jalan, gang dan daerah kecil yang sulit tertangkap oleh kamera dari pesawat terbang, dicatat dan diukur langsung oleh petugas langsung di lapangan. Kumpulan peta yang dibukukan disebut Atlas. Ada pula peta yang dibuat dipermukaan bulat yang disebut globe. Globe disebut juga dengan bola dunia.

2. Jenis Peta
a. Peta Umum atau Peta Topografi
Peta umum merupakan peta yang menggambarkan keadaan umum dari suatu wilayah. Keadaan umum yang digambarkan meliputi objek atau kenampakan alam dan buatan.
b. Peta Khusus
Peta khusus merupakan peta yang menggambarkan data-data tertentu di suatu wilayah. Peta khusus disebut juga dengan Peta Tematik. Contoh peta khusus adalah Peta Persebaran Fauna di Indonesia

3. Komponen Peta
a) Judul Peta
b) Garis Tepi Peta
c) Garis Astronomis
d) Arah Mata Angin atau Orientasi
e) Inset
f) Skala Peta
g) Simbol Peta
h) Legenda
i) Sumber dan Tahun Pembuatan Peta
j) Warna Peta


Preview Power Point Interaktif.
    









Power Point Interaktif dapat diunduh disini!.

Sekian dan terimakasih. Semoga bermanfaat. :) 


Salam manis, 
blitar, 31 Maret 2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini